Sunday 28 October 2012

Program Permintaan dan Pemakaian Obat Puskesmas

Update Terakhir :      
Untuk membuat program ini saya sebagai Blogger Newbie merangkap programmer menengah ke bawah sdikit mendaki…mirip TTS ada Mendatar, Menurun, Mendaki, Menikung,  butuh waktu sekitar 1 minggu, karena selain mencari logika pemrogrammanya juga karena butuh waktu untuk lebih lama dalam analisis databasenya. Databasenya dikasi nama db_Obat biar matching sama tema programnya. Terdiri dari 7 table ini penampakan Tabelnya.


Ketika dijalankan, maka yang dilakukan pertama kali adalah membaca yang ada di SubMain( ), 
 
     Nanti kalo udah nyambung alias konek ke database baru bisa masuk ke Halaman Utama. Kalau sudah nyambung, baru Halaman Awalnya keluar disertai dengan tampilan stok barangya yang on time (maksudnya kapanpun ada barang masuk, barang keluar, langsung tampil stok akhirnya) dan juga sebuah halaman Login yang juga harus diisi dengan data yang benar dan tercatat didalam database program tersebut. 

Kalau memang data di login sesuai dengan yang ada didalam database program maka…
 
     Tapi kalau data loginya salah, kamu mai diberi kesempatan sampai 3 kali lagi, kalau sampai 3 kali tetap salah, maka program dengan terpaksa akan ditutup…
1. Master Item
            Bisa diakses kalau loginya berhasil dan terdapat di menu Master -> Item

 
     Untuk menambah Item ke Master Item, kita cukup tekan tombol “Tambah”, nanti Kode Itemnya langsung Otomatis tampil, ni sdikit kode yang ada di tombol “Tambah”..
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Private Sub cmdTambah_Click()
sql = "select * from TblItem order by KdItem desc"
Set rsBaca = New ADODB.Recordset
rsBaca.CursorLocation = adUseClient
rsBaca.Open sql, conn, 3, 4

If rsBaca.RecordCount = 0 Then
TxtKDItem.Text = "I" & Format(1, "0000")
Else
TxtKDItem.Text = "I" & Format(Val(Right(rsBaca!KdItem, 4)) + 1, "0000")
End If
Call SetTombol(False, True, False, True)
TxtNmItem.SetFocus
End Sub 
----------------------------------------------------------------------------

     Kalau mau menghapus, kita tinggal memilih salah satu data di Grid lalu tekan tombol “Hapus” (ketika data di grid dipilih maka tombol “Hapus” akan segera aktif). Begitu juga bila kita ingin mengaupdate salah satu datanya, Pilih datanya, Ubah datanya, Tekan tombol “Simpan”, …selesai.

2. Master Jenis
            Bisa diakses kalau loginya berhasil dan terdapat di menu Master -> Jenis
 
     Untuk menambah Item ke Master Jenis, kita cukup tekan tombol “Tambah”, nanti Kode Jenisnya langsung Otomatis tampil, Kalau mau menghapus, kita tinggal memilih salah satu data di Grid lalu tekan tombol “Hapus” (ketika data di grid dipilih maka tombol “Hapus” akan segera aktif). Begitu juga bila kita ingin mengaupdate salah satu datanya, Pilih datanya, Ubah datanya, Tekan tombol “Simpan”, …selesai.

3. Laporan
            Ini bagian yang paling njlimet bagi saya sebagai Blogger yang Newbie merangkap Programmer yang Tabah, kalo urusan desain laporanya sih masih biasa-biasa aja, yang sulit tu bagian Syntax SQLnya, banyak menggunakan SubQuery alias Syntax Select di dalam syntax Select. Ini adalah sedikit petikan dari Naskah Kemerdekaan….maksudnya dari koding Laporan program…
     Koding diatas ada di tombol “Tampilkan” di form Laporan program...
     yang kalau ditekan akan menghasilkan laporan sebagai berikut (Makin banyak data di Master Item, makin panjang Laporanya, makin Maknyus)
 
     Oke sekian , sebenarnya masih banyak lagi yang belum dibahas seperti di Menu Transaksi masih ada Item Masuk, Item Keluar, Rencana Permintaan Item..di Menu Pencarian dan sebagainya

0 comments:

Post a Comment